Jadi Kreatif itu Mudah Lho!


Kreativitas itu simpelnya adalah kemampuan menciptakan kombinasi-kombinasi baru dari hal-hal yang udah ada sebelumnya dan menghasilkan sesuatu yang baru. Saya ambil contoh dari jurus-jurus dalam kartun Avatar: The Legend of Aang. Coba deh anda perhatikan jurus-jurusnya. Jurus pengendalian elemen yang begitu mahir dilakukan oleh karakter-karakter dalam animasi tersebut ternyata ga sepenuhnya baru. Michael dan Brian sebagai pembuat kartun Avatar ternyata terinspirasi dari jurus-jurus silat yang telah lama ada dalam budaya Cina. Mereka melakukan riset dan membaca banyak literatur, lalu mengolahnya sedemikian rupa, kemudian menuangkannya dalam karya animasi. 




Jurus pengendalian air diambil dari Tai Chi, sebuah seni bela diri dari Cina yang memperagakan gerakan lambat dan elegan seperti air yang mengalir1



Kalau jurus pengendalian tanah diambil dari teknik Hung Gar dalam ilmu Kung Fu, yang menampilkan gerakan menghentak, tendangan dan pukulan kuat.





Sedangkan jurus pengendalian udara berdasarkan pada seni bela diri Ba Gua. Seni bela diri ini menampilkan gerakan cepat, manuver menghindar, menarik energi dari tengah perut bagian bawah.




Gerakan pengendalian api umumnya diambil dari gaya kung fu Shaolin Utara, namun dengan tambahan beberapa teknik dari jurus Belalang Sembah Utara. Gerakan seni bela diri ini cepat, berturut-turut, ganas, sehingga pengendalian api menjadi ilmu pengendalian yang paling agresif di antara empat elemen.


Jadi, berkarya dan membuat sesuatu ga harus dari dari nol, tapi bisa juga mengembangkan dari hal-hal yang sudah ada disekitar kita. Buatlah modifikasi-modifikasi, jangan takut salah ya :). Panduan untuk menggambar, bagaimana menulis yang baik, cara memasak dan sebagainya sudah demikian mudah untuk diakses, bisa melalui buku, majalah dan terutama internet. Yang harus ada hanyalah kemauan kita untuk mempelajari. Perkara biaya dan peralatan, gimana? Aish, tenang saja. Jadi kreatif itu bisa berupa kemampuan menghasilkan sesuatu yang maksimal walau sumber daya terbatas! hehehe (aduh ,malah mirip prinsip ekonomi O.o)

 Sekali lagi, Jadi Kreatif itu Mudah Lho!

 See ya! :3


credit foto>>Mbah Wikipedia
data>>Mbah Wikipedia Lagi
Majalah Bobo bekas yang sekarang entah ada dimana
Serial Kartun Avatar yang saya tonton di Global TV


Komentar