Think big. Start small. Act now



         Begitulah kalimat pendek yang akan menyambut anda ketika mengunjungi laman1 turuntangan.org*. Meskipun singkat, namun padat dan sarat akan makna. Artinya kurang lebih begini, “Marilah berpikir/bercita-cita besar, awali dari langkah kecil dan mulailah sekarang juga!!”

         Mari duduk santai sejenak dan mencermati kandungan kalimat tersebut. Untuk mencapai sebuah tujuan besar, penerapannya tidak harus secara luas dahulu, tapi mulailah dari area yang lebih kecil dan mulai saat ini juga. Contohnya begini, suatu saat anda begitu gemas dengan kebiasaan banyak orang Indonesia yang dengan cueknya membuang sampah sembarangan. Tentu akan susah jika anda menginginkan semuanya untuk sadar saat itu juga, secara serentak menghentikan kebiasaan buruknya dan mulai peduli lingkungan. 

Lalu bagaimana?
nah, pakailah jurus “Think big. Start small. Act now”. Awali dari diri sendiri. Lihatlah diri anda dan lingkungan sekitar yang paling dekat. Tanyailah diri anda. Apakah anda sendiri sudah tertib membuang sampah pada tempatnya? apakah di lingkungan tempat tinggal anda, sampah sudah bisa dikelola dengan baik?. Dari titik tersebut mulailah merumuskan langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan. Kumpulkan kawan-kawan yang satu visi, dan bisa diajak bekerjasama. Carilah info dan bahan yang cukup, konsultasi pada pihak yang lebih kompeten lalu mulailah! barangkali anda bisa menjadi penggagas terbentuknya Bank Sampah di kompleks rumah anda. Atau malah membuat sebuah komunitas hijau, tangkas menemukan space terbengkalai untuk kemudian dijadikan lahan berkebun maupun penanaman pohon untuk penghijauan. Gerakan-gerakan seperti ini sudah dimulai oleh Bambang Suwirda dengan Bank Sampah “Gemah Ripah” yang berlokasi di Bantul, serta gerakan Indonesia Berkebun yang digagas oleh seorang arsitek, Ridwan Kamil. Kemungkinan-kemungkinan lain begitu luas terbentang. Mungkin anda sudah punya ide cemerlang lain?

Dalam prosesnya, sangat wajar apabila anda menemukan kendala dan hambatan. Mungkin terkendala dalam hal pembiayaan, adanya komentar-komentar bernada meremehkan yang datang dari orang sekitar, ataupun anggota komunitas yang tercerai berai, sibuk dengan kegiatan masing-masing. Jangan menyerah dan putus asa. Masalah-masalah yang anda hadapi adalah tantangan yang wajib ditaklukkan. Setiap kesulitan pasti ada solusi yang bisa diupayakan. Cita-cita anda harus anda lindungi dan perjuangkan dengan sepenuh hati.

Tindakan nyata jauh lebih bermakna daripada sekadar kata-kata yang terus menerus diucapkan namun hasil nol belaka. Marilah kita berkontribusi, bahkan meski kecil sekalipun (bila kemampuan memang masih terbatas), tapi percayalah, usaha anda akan berarti. Stop cursing darkness, let’s light candles. Berhentilah mengutuk kegelapan, mari mulai nyalakan lilin. Kejengkelan anda terhadap tindakan korup para pejabat, kinerja DPR yang minim sekali dibandingkan gaji yang mereka terima, ketidakpastian hukum, pemerintahan yang amburadul dengan birokrasi begitu ruwet, yuk kita alihkan pada tindakan nyata. Buktikan arti kita, eksistensi mahasiswa lebih dari sekedar turun aksi, berdemo di jalan-jalan utama (yang sering menimbulkan antipati publik karena bikin macet), dan orasi penuh energi namun ternyata luput didengar oleh pihak yang kita protes.

Kepada mas bro dan mbak sis sesama mahasiswa yang saya sayangi, alangkah indah apabila kita mampu membangkitkan Indonesia yang sedang terpuruk ini. Dengan apa? tentunya dengan membentuk karakter mahasiswa yang kritis, memiliki wawasan dan pergaulan luas, selalu mengasah bakat dan keterampilan namun tetap berpegang teguh pada keyakinan agama masing-masing. Energi yang dimiliki pemuda akan sangat powerful dampaknya apabila diarahkan ke bidang yang tepat. Terdengar muluk-muluk? Ah, tidak juga. Banyak contoh pemuda-pemudi Indonesia yang behasil berkarya lebih dalam bidang masing-masing, dan membawa nama positif negeri ini ke kancah internasional.

Hilangkanlah pemikiran negatif dan pesimis. Tiap-tiap usaha, sekalipun terlihat enteng dan remeh wajib kita apresiasi . Mari mulai berkarya, marilah kita ambil langkah pertama menuju target kita. Kesempatan untuk berbakti dan mengabdi bagi masyarakat  sangat  terbuka lebar. Manfaatkan ilmu anda dalam kehidupan nyata, gunakan pengalaman organisasi di kampus untuk memajukan lingkungan tempat tinggal anda. Bagi sahabat-sahabati  yang beruntung mendapat kesempatan ke luar daerah bahkan ke luar negeri, saya harapkan untuk mempelajari bahasa dan budaya daerah/negara  tersebut dengan baik. Bangun jaringan dengan pihak lain. Perkaya diri anda dengan pengalaman dan berbagai keterampilan. Karena pendidikan, sesungguhnya merupakan investasi jangka panjang.

Akhirnya, saya sampaikan sebuah kutipan popular. “A journey of a thousand miles begins with a single step.” Perjalanan beribu-ribu mil sekalipun, awalnya pasti dari sebuah langkah kecil. Mulai langkah awal anda, sekarang!


Hidup Mahasiswa!!!

1laman=halaman muka/beranda. Mengacu pada halaman muka website
*website saya akses pada pertengahan Juli 2013. Untuk saat ini website tersebut dipakai untuk menjaring dukungan/media kampanye bagi Bapak Anies Baswedan.


Komentar

Posting Komentar