Bullying

Lagi rame kasus perundungannya Audrey. Masih rancu sih akar masalahnya, maupun kronologi yg benar dari kasus ini. Semoga bisa terungkap dengan tuntas.

Anyway, saya malah jadi ingat cerita ga enak dimasa MI dulu. Jadi korban bullying gara-gara selalu rangking satu. Mana waktu itu defense saya belum kayak sekarang plus skill membaur pun kurang. Jadinya ya sedih sendirian. Ingin bisa balas, eh maksudnya bela diri tapi ga tahu harus gimana.

Menjadi "yang paling pintar" di kelas ternyata ga enak. Justru dimusuhi.

Tindakan yg dipicu rasa iri dan kecemburuan tersebut bikin masa sekolah saya ga enak. Rasanya males juga berangkat karena bakalan dijauhi dan dikomen nyinyir. Misal pas kerja bakti bersih-bersih sekitar MI, nah kebetulan saya datang awal dan lumayan semangat bantu cabut rumput. Eh dikatain cari muka ke guru. Hadeh.

Buku LKS saya pernah "nginep" di rumah teman selama lebih dari seminggu tanpa saya tahu. Kok bisa?

Ternyata buku yg saya taruh di laci itu dipinjam tanpa sepengetahuan saya, dan disalin jawaban-jawabannya oleh salah satu teman sekelas. Pada masa itu saya memang lumayan rajin mengerjakan soal. Misal guru baru menerangkan sampai bab 5, nah saya sudah mengerjakan secara mandiri sampai bab 7.

Perundungan yg parah sering banget terjadi dan sebenarnya korbannya bukan saya aja. Malah kayak ada rotasi gitulah.

Ada beberapa kenangan buruk yg saya sesali. Yakni saat kawan saya namanya S disuruh-suruh oleh L untuk membungkuk dan menalikan sepatu L. Seakan seperti leader gank gitulah. Saya tahu itu hal yg salah dan enggak benar, tapi sayang saya ga melakukan apa-apa untuk membela S. Mungkin nyali saya masih terlalu ciut kala itu.

Bullying memang masih selalu terjadi. Sayangnya kasus-kasus yang muncul pun kian parah dan bikin ngeri. Kita benar-benar harus melakukan sesuatu untuk memutus mata rantai penindasan ini. Akar masalah mengapa seseorang melakukan perundungan? Itu juga harus dikupas tuntas. Membekali skill untuk defense, bela diri (baik secara taktis maupun fisik) rasanya urgent diberikan tuk buah hati kita. Tentunya sistem yg bagus juga hatus dibuat di sekolah. Agar saat ada aduan kasus bullying tidak sekedar diabaikan.

Komentar